Home » » Panduan Cara Mendownload dan Berbagi Foto Lewat Instagram

Panduan Cara Mendownload dan Berbagi Foto Lewat Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi berbagi foto yang populer dan menjadi satu fenomena fotografi terbesar dalam beberapa tahun terakhir ini (lihat Facebook membeli Instagram). Hal ini bermula dari nol sampai jutaan pengguna dalam hitungan tahun yang singkat dan sekarang ini semakin banyak fotografer dan penggemar foto yang menggunakan Instagram sebagai cara untuk berbagi pekerjaan mereka, bertemu dengan mereka yang sehobby, dan mendapatkan inspirasi. 

Instagram pertama kali diluncurkan untuk iPhone yang berplatform iOS, namun kini Instagram telah tersedia pula untuk pengguna Android. Mirip dengan Twitter, dalam Instagram terdapat pilihan untuk mengikuti (follow) orang lain, sehingga Anda dapat mengikuti teman-teman dan berbagi foto Anda dengan mereka. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini dapat didownload secara gratis, baik untuk iPhone maupun Android.

Apakah Anda termasuk salah satu dari jutaan pengguna Instagram? Jika belum.. Yuk, kita belajar bersama bagaimana cara menggunakan aplikasi photo-sharing populer ini. Berikut adalah panduan mudah mendownload Instagram dan cara menggunakan aplikasi Instagram.

1.) Pertama-tama, masuk ke toko aplikasi Anda dengan perangkat mobile. Jika Anda pengguna iPhone (iOS), download dan instal Instagram dari App Store dan jika Anda pengguna Android, download dan instal Instagram dari Google Play. Dalam kedua toko aplikasi tersebut, cari ‘Instagram’dan pilih setuju untuk men-download. Ini adalah aplikasi gratis. Atau dapat juga Anda mendownload melalui website Instagram yang ada disini.

2.) Setelah Instagram terinstal pada ponsel pintar atau komputer tablet Anda, silahkan buka aplikasi dan mulai mengikuti petunjuk pada Welcome Screen untuk membuat user id dan password (jika belum punya). Caranya, langsung saja mendaftar (sign up) dengan  mengisikan data yang diminta seperti Email, Username, Password dan Profile Picture (jika diinginkan) lalu tekan tombol “Sign up”, kemudian tunggu sampai proses pendaftaran selesai.


3.) Jika Anda sudah memiliki account, cukup klik tombol login maka pengguna akan dibawa langsung ke halaman utama, di mana ada lima tombol di bagian bawah dimulai dengan gambar ikon rumah, bintang, kamera, love quote, dan ikon halaman. Masing-masing tombol berfungsi sebagai kunci untuk kembali ke home, foto populer, mengambil gambar melalui kamera atau dari galeri, berita dan profil.


4.) Sebelum memulai, sebaiknya hal pertama yang Anda lakukan sebelum memposting adalah mem-follow user Instagram yang sudah ada. Anda mungkin ingin terhubung dengan teman dan orang lain kepada siapa Anda akan berbagi foto. Hal ini agar timeline Anda tidak kosong (yang biasanya akan membuat Anda langsung bosan dengan Instagram). Anda dapat secara opsional memilih untuk mengimpor kontak dan menemukan teman-teman dari daftar kontak Anda, Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, atau hanya mencari nama dan username. Anda juga dapat menambah teman setiap saat dari dalam account Anda.

Ada beberapa cara untuk mem-follow user lain, antara lain :
  • Find Friends
Klik ‘Profile’ (tombol paling kanan  di menu utama) lalu tekan ‘Find Friends’. Bisa melalui isi phonebook kita (contact list), melalui Facebook, atau Twitter. Lewat cara tersebut kita bisa melihat siapa saja teman kita yang sudah lebih dulu ‘bermain’ Instagram. Jika sudah terkoneksi, langsung saja klik ‘Follow’.
  • Suggested User
Pilihan ini terdapat pada bagian bawah halaman ‘Find Friends’. Suggested User adalah user yang disarankan oleh Instagram sendiri untuk kita follow, biasanya karena foto-foto mereka bagus dan menarik atau para profesional dalam bidang tertentu. Anda tinggal mengklik tombol “Follow” di samping nama mereka.
  • Popular Page
Klik tanda bintang pada menu utama untuk melihat foto yang berhasil masuk Popular Page. Dari tab “Populer” Anda bisa melihat foto yang diunggah oleh pengguna lain yang mendapatkan perhatian dari komunitas Instagram. Foto-foto tersebut adalah yang paling banyak mendapatkan ‘like’ dari user lain dan terus berubah setiap waktunya. jika ada yang menarik silahkan Anda langsung follow mereka.
  • Find Hashtag
Klik Profile, pilih ‘Search Instagram’, lalu klik ‘Tags’. Disini Anda bisa mencari sebuah kata spesifik yang diawali dengan tanda pagar (#). misalnya bagi Anda yang menyukai bunga, ketik saja ‘flower’ maka seluruh foto yang ada pada Instagram dengan hashtag #flower akan muncul. Anda tinggal melihat siapa saja user yang memiliki foto-foto bunga yang menarik untuk di-follow.

5.) Jika Anda sudah mem-follow banyak teman dan user lain, akan besar kemungkinan Anda akan di-follow juga. Namun sebaiknya jangan pernah melakukan posting komen untuk meminta di-follow balik (follow back) di Instagram, karena itu akan memberi kesan negatif pada Anda. Biarkan user lain sendiri yang mem-follow Anda tanpa paksaan. Dan jika selanjutnya Anda memiliki foto-foto yang indah dan menarik, tentu secara ‘sukarela’ akan ada banyak user lain yang ingin mem-follow Anda.

6.) Kini saatnya mulai memilih foto. Bisa saja Anda mengambil foto dari internet dan menguploadnya, namun jelas itu kurang menarik. Sebaiknya upload foto hasil jepretan sendiri agar nilai keunikannya tetap ada. Tidak harus foto dengan teknik pengambilan tinggi, Anda bisa memulainya dengan memotret suasana kamar Anda misalnya.


Untuk mengambil foto dari Instagram, klik pada tombol kamera di bagian bawah layar. Anda dapat mengimpor foto dari Galeri atau mengambil foto yang baru. Secara default, Instagram akan menggunakan aplikasi kamera ponsel Anda, tetapi Anda juga dapat menggunakan kamera canggih Instagram. Kamera canggih memungkinkan Anda untuk mengambil foto tanpa meninggalkan aplikasi Instagram dan secara otomatis meng-crop gambar ke format Instagram, yang memungkinkan Anda melewatkan langkah cropping yang diperlukan bila menggunakan aplikasi kamera alternatif. Untuk mengaktifkan kamera canggih, pergi ke tab Profil dan klik pada menu konteks di sudut kanan atas (tiga titik vertikal). Lalu, ke Camera Settings dan centang kotak di samping “Use Instagram’s Advanced Camera.” Perlu diingat bahwa kamera canggih tidak bekerja pada beberapa ponsel. Anda dapat menggunakan kamera depan dan belakang untuk mengambil foto dari Instagram dengan memilih icon kamera di sebelah kanan atas (disebelah icon lampu flash). Kamera ini memiliki image stabilization built-in yang akan memberikan kualitas gambar sempurna.


7.) Jika sudah mendapatkan foto yang Anda pilih atau ambil, kini saatnya menpercantik foto tersebut dengan berbagai efek yang tersedia. Pada layar editing, terdapat tiga tombol di bagian atas layar, yang adalah untuk menempatkan bingkai, pengaturan cahaya, dan untuk memutar gambar (rotate image). Sementara pada bagian bawah, Anda akan secara otomatis diarahkan ke berbagai filter foto yang dapat dipilih sesuai selera untuk meningkatkan foto Anda.



  • Photo Filter
Anda dapat menerapkan salah satu dari 18 filter foto indah yang telah disediakan (Normal, Amaro, Rise, Hudson, dll). Silahkan pilih berbagai filter yang Anda lihat paling menarik untuk menambah kesan artistik pada foto. Gulir melalui mereka dan kemudian klik pada mereka untuk melihat manakah filter yang terbaik untuk foto Anda. Jika Anda memutuskan Anda tidak ingin filter, klik ”Normal” dan semua filter akan dihapus.
  • Tilt-Shift
Berfungsi untuk memberikan kesan blur dan out of focus layaknya hasil jepretan kamera SLR yang memiliki kedalaman objek, atur posisinya sedemikian rupa agar terlihat natural.
  • Frame
Anda bisa memilih apakah foto yang Anda edit dipakaikan bingkai atau tidak.
  • Auto-Enhance
Dengan pilihan ini, foto Anda akan secara otomatis diedit oleh Instagram untuk hasil maksimal, terutama dalam hal warna dan kontras. cukup dengan menekan ikon seperti matahari di pojok kiri bawah.
  • Rotate
Untuk merotasi foto Anda sesuai keinginan.

8.) Setelah Anda memilih filter dan selesai, langkah selanjutnya adalah meng-upload ke akun Instagram Anda. Tekan tanda panah ganda tepat di sudut kanan atas layar. Ini akan membawa Anda ke halaman “Details page.” Di sini Anda dapat menulis keterangan, mengaktifkan Geotag dan menghubungkan ke jaringan sosial dimana Anda telah terdaftar. Klik salah satu jaringan sosial di bawah ”Sharing”, dimana Anda ingin memposting foto Anda. Masukkan username dan password yang terkait dengan account Anda, yang menghubungkannya dengan account Instagram Anda.




Agar foto Anda muncul di hasil pencarian ‘Tags’, selain memberi caption, berikan juga hashtag dengan tanda pagar diawal kata (misalnya #funny) sesuai dengan kriteria foto. Anda bisa memberikan sebanyak-banyaknya hashtag asalkan masih relevan. Disini Anda juga bisa memilih untuk membaginya ke situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook.

Untuk meng-upload, tekan tombol Upload hijau di sudut kanan atas. Jika Anda tidak memilih salah satu jaringan sosial, foto Anda hanya akan di-upload ke account Instagram Anda. Jika Anda memutuskan nanti Anda ingin menghapus foto Anda, cukup membuka foto, kemudian tekan pada tiga titik horisontal bawah foto dan pilih ’Delete’. Dan Anda selesai! jika Anda ingin meng-upload gambar dalam satu atau lebih jaringan Anda, klik tanda centang di dekat setiap jaringan dan akan mengarahkan Anda untuk dengan aman dimasukkan ke dalam username dan password dari jaringan sosial. Kemudian Anda dapat meng-upload!

9.) Sekarang saatnya kita menjelajahi Instagram!
Untuk memperoleh manfaat dari Instagram, Anda harus melibatkan komunitas Instagram dengan cara berbagi foto, mem-follow user lain, memberi komentar, dan menyukai foto yang diupload oleh user lain.




  • Tekan ikon rumah di bagian bawah layar maka Anda dapat melihat semua foto yang diunggah oleh orang yang Anda ikuti.
  • Untuk menyukai foto, cukup klik tombol hati yang terletak di bawah foto atau dapat juga dengan cara men-tap foto sebanyak dua kali dengan jari Anda untuk me-’like’ foto.
  • Klik tombol komentar (speech bubble) untuk meninggalkan komentar Anda



  • Ikon bintang memperlihatkan kepada Anda Foto populer di seluruh dunia.

  • Ikon love quote di sebelah kanan ikon kamera menunjukkan aktivitas teman Anda serta pemberitahuan ketika ada yang me-like foto Anda, mengomentari dan ketika orang mulai mengikuti Anda. Jika account Anda ’private’, maka permintaan folllow dari user lain juga akan ditampilkan di sini.
10.) Untuk mengakses pengaturan privasi dan pengaturan lainnya, klik pada ikon halaman di bagian bawah layar dan di sudut kanan atas tekan ikon tiga kotak yang ditumpuk di sebelah kaca pembesar. Di sana Anda dapat menemukan teman-teman, melihat foto yang Anda ‘like’, mengedit informasi profil, mengubah gambar profil, dan membuat profil pribadi Anda dengan mengklik “Photo Privacy”.




Untuk melihat semua foto yang Anda upload, klik ikon halaman di bagian bawah layar aplikasi. Anda dapat melihat mereka dalam bentuk daftar atau bentuk grid. Di bagian atas layar Anda juga dapat melihat berapa banyak gambar yang Anda miliki, followers yang Anda miliki dan berapa banyak orang yang mem-follow Anda.
 
11.) Jika Anda sudah menjadi pengguna Instagram setia, Anda bisa bergabung dalam berbagai komunitas yang dibentuk oleh para user Instagram sendiri. Salah satunya yang berasal dari Indonesia adalah komunitas iphonesia, Anda bisa melihat foto-foto yang tergabung dalam komunitas ini dengan mencari hashtag #iphonesia.

Oke, selesai sudah pelajaran kita hari ini ! Sekarang Anda sudah menguasai dasar-dasar Instagram ;)

Jelajahi aplikasi dan bekerja pada jaringan Anda, perkaya keterampilan fotografi yang besar melalui Instagram ! Instagram akan memberikan sebuah dimensi baru untuk menunjukkan dunia Anda kepada orang lain dengan cara menampilkan momen terbaik dalam hidup Anda lewat Instagram. Kualitas yang sangat baik dan inbuilt lux akan memberikan gambar yang lebih hidup.

So… sudahkah Anda mulai menggunakan Instagram di iPhone atau ponsel Android Anda? Silahkan berbagi pengalaman Anda dengan Instagram melalui kotak komentar yang ada.
Semoga panduan mudah cara menggunakan instagram ini bermanfaat bagi Anda.




di kutip dari infogadgetterbaru.com
Share this :

+ comments + 1 comments

1 July 2013 at 10:56

thanks gan ... sangat membantu...
http://www.rajalistrik.com

Post a Comment

 
Support : IbeImam Website
Copyright © 2013. IBE IMAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Ibe Imam